Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Pena-Pena Mikrokontroler 8031



Susunan Pena-Pena Mikrokontroler 8031 diperlihatkan pada gambar dibawah ini dengan penjelasan dari masing-masing Pena sebagai berikut:
a. Pena 1 sampai 8(Port 1) merupakan port pararel 8 bit dua arah (bidirectional) yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan (general purpuse).
b. Pena 9 (Reset) adalah masukan reset (aktif tinggi).Pulsa transisi dari rendah ke tinggi akan me-reset 8031.Pena ini dihubungkan dengan rangkaian power on reset.
c. Pena 10 sampai 17 (Port 3) adalah port pararel 8 bit dua arah yang memiliki fungsi pengganti.Bila fungsi pengganti tidak dipakai,pena-pena ini dapat digunakan sebagai port pararel 8 bit serbaguna.
d. Pena 18 (XTAL 1) adalah pena masukan ke rangkaian osilator internal.Sebuah osilator kristal atau sumber osilator luar dapat digunakan.
e. Pena 19 (XTAL 2) adalah pena keluaran ke rangkaian osilator internal.Pena ini dipakai bila menggunakan osilator kristal.
f. Pena 20 (Ground) dihubungkan ke Vss atau ground.
g. Pena 21 sampai 28 (Port 2) adalah port pararel 2 (P2) selebar 8 bit dua arah (bidireectional).Port 2 ini menggirimkan byte alamat bila dilakukan pengaksesan memori eksternal.
h. Pena 29 adalah pena PSEN (program store enable) yang merupakan sinyal pengontrol yang membolehkan program memori eksternal masuk kedalam bus selama proses pemberian/pengambilan instruksi.
i. Pena 30 adalah pena ALE (Address Latch Enable) yang digunakan untuk menahan alamat memori eksternal selama pelaksanaan interuksi.
j. Pena 31 (EA).Bila pena ini diberi logika tinggi (H),mikrokontroler akan melaksanakan instruksi dari ROM/EPROM ketika isi program counter kurang dari 4096.Bila diberi logika rendah (L),mikrokontroler akan melaksanakan seluruh instruksi dari memori program luar.
k. Pena 32 sampai 39 (Port 0) merupakan port pararel 8 bit open drain dua arah.Bila digunakan untuk mengakses memori luar,port ini akan memultipleks alamat memori dengan data.
l. Pena 40 (Vcc) dihubungkan ke Vcc (+5 volt).
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar