Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Analisis Pekerjaan


Deskripsi Pekerjaan
Spesifikasi Pekerjaan
Standar Prestasi Kerja  
Pengertian Analisis Pekerjaan 
(job Analysis)
       Analisis pekerjaan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang
pekerjaan dan proses menentukan persyaratan yang harus disiapkannya, termasuk didalamnya sistematika rekrutmen, evaluasi atau pengendalian.
       Analisis Pekerjaan adalah kegiatan atau proses menghimpun dan menyusun berbagai informasi yang berkenaan degan setiap pekerjaan,tugas-tugas,jenis pekerjaan,dan tanggung jawabnya secara operasional untuk mewujudkan tujuan organisasi atau perusahaan.
        
Pada intinya Analisis Pekerjaan dapat diuraikan dalam bentuk spesifikasi dan deskripsi pekerjaan, yang berisi:

Uraian nama pekerjaan atau jabatan
Tugas dan fungsi dasar
Wewenang
Tugas-tugas
Penggunaan teknologi
Ruang Lingkup Pekerjaan
Tanggung Jawab
Hubungan Kerja
Kriteria penilaian Kerja
      TUJUAN ANALISIS PEKERJAAN
       Menciptakan SDM yang handal dalam menghadapi tantangan teknologi modern, merasakan kenyamanan dalam bekerja, bermartabat dan berkeadilan.Hal ini dapat dilakukan dengan cara menempatkan seseorang yang tepat pada suatu pekerjaan tertentu, sesuai dengan kemampuan, keahlian, dan pengalaman dalam melakukan suatu pekerjaan.
       Beberapa Tindakan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan Analisis Pekerjaan
         Evaluasi peran lingkungan terhadap pekerjaan individu
         Kaji kembali kemungkinan ada persyaratan kerja yang usang
         Ciptakan peraturan yang menguntungkan semua pihak
         Rancang kebutuhan SDM masa depan
         Sesuaikan jumlah pelamar dan pekerjaan yang tersedia
         Rancang kebutuhan pendidikan dan pelatihan untuk karyawan baru maupun yang sudah berpengalaman
         Rancang rencana pengembangan potensi karyawan
         Tentukan standar/prestasi kerja yang realistik

        Tempatkan karyawan sesuai dengan minatnya
        Penempatan karyawan harus sesuai dengan keahliannya
        Berikan kompensasi secara wajar, berdasar pada:level pendidikan formal, resiko jabatan/pekerjaan, lingkup tanggung jawab, level pangkat, keahlian yang dimiliki, ketrampilan yang dikuasai, Pengalaman kerja, kontribusi pada perusahaan, Perbandingan dengan perusahaan sejenis, perbandingan dengan perusahaan selokasi.


       Metode pengumpulan Informasi Analisis Pekerjaan
       Wawancara langsung dengan karyawan
       Diskusi dengan tenaga ahli
       Daftar kuesioner
       Catatan kerja karyawan
       Observasi langsung
       Kombinasi teknik pengumpulan data
      Deskripsi dan Spesifikasi Pekerjaan
        Deskripsi Pekerjaan adalah: hasil analisis pekerjaan sebagai rangkaian kegiatan atau proses menghimpun dan mengolah informasi mengenai pekerjaan/suatu uraian tertulis dari apa yang diperlukan oleh suatu pekerjaan.
        Manfaat deskripsi pekerjaan untuk menentukan:ringkasan pekerjaan dan tugas-tugas, Situasi dan kondisi kerja, dan membuat persetujuan.
      Deskripsi Pekerjaan berisi uraian:
        Nama Pekerjaan
        Ringkasan, menggambarkan pekerjaan dan output yang diharapkan dari karyawan
        Peralatan, Pernyataan singkat mengenai perkakas, peralatan, dan informasi yang diperlukan untuk untuk melakukan pekerjaan tersebut secara efektif
        Lingkungan, Deskripsi kondisi lingkungan kerja, lokasi kerja, dan karakteristik lingkungan lain
        Aktivitas, berisi uraian tugas, tanggung jawab,dan tampilan perilaku dalam pekerjaan
       Spesifikasi Pekerjaan
       Definisi, Spesifikasi pekerjaan adalah karakteristik atau syarat-syarat kerja yang harus dipenuhi, sehingga dapat melaksanakan suatu pekerjaan/jabatan tertentu.Persyaratan tersebut dapat berupa: pengetahuan, ketrampilan atau keahlian, kemampuan fisik, serta sifat-sifat kepribadian tertentu.
      Karakteristik dalam spesifikasi pekerjaan
         Semua tugas pekerjaan harus dikenali dan dinilai
         Suatu panel tenaga ahli, karyawan, atau para penyelia perlu menetapkan tingkat ketrampilan yang diperlukan
         Tingkat ketrampilan masing-masing perlu dinilai
         Karakteristik lain yang penting untuk melakukan pekerjaan itu harus dikenali, meliputi kondisi fisik dan sertifikasi profesional
         Jenis ketrampilan yang telah dikenali perlu secara rinci dikaitkan dengan masing-masing tugas pekerjaan
       Standar Prestasi Kerja
       Standar prestasi kerja merupakan tolok ukur yang digunakan oleh atasan pekerja yang bersangkutan dan alat pengendali perilaku para pekerja, khususnya dalam hal terjadinya kesenjangan antara prestasi nyata dan standar yang ditetapkan sebelumnya.
       Manfaat Standar Prestasi Kerja
        Standar berfungsi sebagai sasaran atau target bagi pelaksanaan kerja karyawan dalam meningkatkan motivasi kerja
        Standar sebagai kriteria keberhasilan kerja yang akan diukur dan dinilai
        Standar berfungsi sebagai umpan balik bagi karyawan
        Standar sebagai sarana penetapan reward atau punishmen
        Standar berfungsi untuk membedakan antar satu karyawan dengan yang lainnya
      Manfaat Analisis Pekerjaan bagi Organisasi/Perusahaan
        Membantu dalam kegiatan Rekrutmen dan Seleksi, Informasi analisis pekerjaan membantu petugas perekrutan untuk mencari dan menemukan para pelamar yang benar untuk organisasi, termasuk dalam menentukan cara tes yang dipilih
        Pelatihan dan Pengembangan Karir, dengan sudah diketahuinya ketrampilan untuk suatu pekerjaan adalah penting untuk merancang program pelatihan yang efektif

        Kompensasi, pada umumnya kompensasi terkait dengan tugas-tugas dan tanggung jawab suatu pekerjaan, sehingga besarnya kompensasi menuntut penilaian akurat dari berbagai jenis pekerjaan
        Perencanaan strategis, analisis pekerjaan yang efektif dapat membantu organisasi untuk mengubah, mengurangi, atau mengatur kembali pekerjaan dan alur pekerjaan sesuai dengan perubahan lingkungan.


0 komentar:

Posting Komentar