Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

Menentukan Pasar Sasaran (Targeting)


1. Mengevaluasi Segmen Pasar
a. Ukuran dan pertumbuhan segmen
b. Daya tarik struktural segmen
c. Sasaran dan sumber daya perusahaan

2. Memilih Segmen Pasar
a. Pemasaran Tanpa Pembedaan

Strategi peliputan pasar dimana sebuah perusahaan memutuskan untuk mengabaikan
perbedaan segmen pasar dan menawarkan satu macam produk kepada seluruh pasar.
b. Pemasaran Dengan Pembedaan
Strategi peliputan pasar, dimana sebuah perusahaan memutuskan untuk memilih
beberapa segmen pasar dan merancang barang yang berbeda untuk masing-masing
segmen
c. Pemasaran Terkonsentrasi
Strategi peliputan pasar, dimana sebuah perusahaan memutuskan untuk mencari
pangsa pasar besar dalam satu atau beberapa subpasar.
3. Memilih Strategi Pencakupan Pasar
Hal-hal yang harus dipertimbangkan:
a. Sumber Daya Perusahaan
b. Variabilitas Produk
c. Tahapan Produk dalam Daur Hidup
d. Variabilitas Pasar
e. Strategi Pemasaran Pesaing

MENETAPKAN POSISI UNTUK KEUNGGULAN BERSAING
1. Posisi Produk
Cara produk ditetapkan oleh konsumen berdasarkan beberapa atribut penting (Tempat
yang diduduki produk dalam ingatan konsumen dalam hubungan dengan produk
pesaing)
Bauran Pemasaran
Perusahaan
Pasar
Bauran Pemasaran Perusahaan 1
Bauran Pemasaran Perusahaan 2
Bauran Pemasaran Perusahaan 3
Segmen 1
Segmen 3
Segmen 2
Bauran
Pemasaran
Perusahaan
Segmen 1
Segmen 2
Segmen 3
2. Strategi Menetapkan Posisi
Memposisikan produknya pada atribut produk spesifik. Produk dapat diposisikan pada
kebutuhan yang dipenuhi atau manfaat yang diberikan.
3. Memilih dan Mengimplementasikan Strategi Menetapkan Posisi
a. Mengidentifikasi keunggulan bersaing yang mungkin
Keunggulan bersaing: keungulan terhadap pesaing yang diperoleh dengan menawarkan
nilai lebih besar kepada konsumen, dengan harga lebih rendah maupun
memberikan manfaat lebih besar, karena harganya lebih tinggi.
Jenisnya:
Ø Diferensiasi produk: mengidentifikasikan produk secara fisik
Ø Diferensiasi pelayanan: mendiferensiasi pelayanan yang menyertai produk
Ø Diferensiasi personil: Mempekerjakan dan melatih orang yang lebih baik ketimbang
yang bekerja di perusahaan pesaing
Ø Diferensiasi citra: Mediferensiasi citra perusahaan/merek
b. Memilih keunggulan bersaing yang tepat
Ø Berapa banyak perbedaan yang dipromosikan
Ø Perbedaan mana yang harus dipromosikan, syaratnya:
o Penting: perbedaan yang memberikan suatu manfaat yang sangat bernilai bagi
pembeli sasaran
o Khas: Pesaing tidak menawarkan perbedaan itu
o Superior: Perbedaan itu superior terhadap cara lain yang mungkin memberikan
manfaat yang sama kepada pelanggan
o Dapat dikomunikasikan: perbedaan itu dapat dikomunikasikan dan dapat dilihat
oleh pembeli
o Mendahului: Pesaing tidak mudah meniru perbedaan itu
o Terjangkau harganya: Pembeli dapat membayar perbedaan itu
o Mendatangkan laba: Perusahaan dapat memperkenalkan perbaedaan dan meraih
laba
c. Mengkomunikasikan dan menyerahkan posisi yang dipilih

0 komentar:

Posting Komentar