Categories

Lesson 6

Blog Archive

Follower

Statistik

Get Gifs at CodemySpace.com

KONSEP DASAR MANAJEMEN PEMASARAN

Pemasaran adalah:
Suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan
dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai
satu sama lain.

Konsep Inti Pemasaran:

Kebutuhan,Keinginan,Permintaan àProduk àNilai,Biaya,Kepuasan àPertukaran,Transaksi,Hubungan àPasar àPemasaran, pemasar



Keterangan:
 Kebutuhan: Keadaan merasa tidak memiliki kepuasan dasar

contoh: Manusia lapar, maka butuh makanan
 Keinginan: Bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya dan kepribadian
individual
Contoh: orang Madiun sarapan dengan nasi pecel
 Permintaan: Keinginan manusia yang didukung dengan daya beli.
 Produk: Segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan,
dimiliki, digunakan atau dikonsumsi, sehingga dapat memuaskan keinginan
atau kebut uhan.
Produk mencakup obyek fisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan gagasan
 Nilai bagi pelanggan: Perbedaan antara manfaat yang dinikmati pelanggan karena memiliki
serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk
tersebut.
 Kepuasan pelanggan: Sejauh mana anggapan kinerja produk memenuhi harapan pembeli.
 Pertukaran: Merupakan salah satu cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan.

Cara-cara manusia mendapatkan produk:
a. Dengan menghasilkan sendiri
b. Dengan memaksa
c. Dengan meminta-minta
d. Dengan melakukan pertukaran

Jadi pertukaran adalah cara untuk mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang
dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya.
Syarat-syarat pertukaran:
a. Ada sekurang-kurangnya 2 pihak
b. Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang bernilai bagi pihak lainnya
c. Masing-masing pihak dapat berkomunikasi dan menyerahkan barang
d. Masing-masing pihak bebas menerima atau menolak penawaran yang ada
e. Masing-masing pihak memang menginginkan dan bersedia berurusan dengan pihak
lainnya.

 Transaksi: Tercapainya persetujuan mengenai pertukaran
Aspek-aspek dalam transaksi:
a. Sedikitnya ada dua barang yang memiliki nilai
b. Ada syarat-syarat yang disetujui
c. Ada persetujuan mengenai waktu
d. Ada persetujuan mengenai tempat
Jenis transaksi:
a. Transaksi moneter
b. Transaksi barter

 Hubungan pemasaran: Proses menciptakan, memelihara, dan meningkatkan hubungan
erat yang semakin lama semakin bernilai dengan pelanggan dan pihakpihak
yang berkepentingan
Asumsi yang digunakan adalah: Binalah hubungan baik, maka transaksi yang mendatangkan
laba akan menyusul.

 Pasar: Terdiri dari semua pembeli potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan
tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan tersebut.


 Pemasaran: Kegiatan manusia dalam hubungannya dengan pasar. Maksudnya bekerja
dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam
memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.
 Pemasar: Orang yang mencari sumber daya dari orang lain dan mau menawarkan
sesuatu yang bernilai untuk itu
Pelaku dan kekuatan utama dalam sistem pemasaran modern

0 komentar:

Posting Komentar